Halaman

Disiplin, Percaya Diri, dan Tangguh Adalah Kunci Kesuksesan

Welcome

Living with Integrity (Memercayai,Mengatakan dan Melakukan yang Benar sesuai Panggilan Allah)

30 April 2009

Topik/Isu Apa

4. Topik atau issu apa dilingkungan TNI AU yang biasa ”dijual” kepada media sehingga kegiatan TNI AU banyak diliput oleh media serta langkah-langkah apa yang harus dilakukan sehingga TNI AU makin populer ditengah-tengah masyarakat

Peran media masa sangat besar dalam membangun sebuah Citra yang positif, baik terhadap perseorangan atau terhadap suatu instansi/ organisasi. Citra TNI yang lemah dimata masyarakat saat ini, perlu dibangun dengan membentuk suatu opini masyarakat dan kondisi pencitraan yang positif terhadap peran dan fungsi TNI diera reformasi. Reformasi yang dilakukan oleh TNI dari dalam sudah menjadi agenda yang memang harus terlaksana, namun bagaimana publikasinya, menjadi kendala yang masih mengganjal.

Peran dan fungsi dari Dinas Penerangan baik tingkat pusat atau Kotama masih belum optimal dilaksanakan. Diperlukan peran langsung serta pendekatan yang serius dari pimpinan terhadap unsur-unsur diluar TNI yang secara tidak langsung menjadi alat pemberitaan tentang Citra yang dibangun kepada masyarakat luas. Apabila kondisi tersebut dapat kita raih, maka dengan sendirinya media masa dan masyarakat akan memberikan gambaran yang positif dan setiap kegiatan yang diliput akan mempunyai nilai jual dari segi jurnalistik. Langkah utama yang bisa ditempuh saat ini adalah, pendekatan kepada masyarakat dan memberikan tindakan yang nyata dapat dilakukan. Dengan melakukan pendekatan terhadap unsur-unsusr instansi sipil baik negri atau swasta, maka dengan sendirinya media akan mencari berita dengan situasi dan kondisi yang berkembang. Peran dan tugas yang dilaksanakan oleh TNI sebagai alat keamanan adalah sesuatu yang dipersepsikan atau a perceived reality, kesan yang timbul setelah orang melakukan interaksi (melihat, mendengar, merasakan, mengalami dan menghayati) dengan obyek. Kuat tidaknya, baik positif maupun negative, sebuah kesan tergantung dari intensitas, lama dan seringnya interaksi itu, karenanya peran dan fungsi sosial dimasyarakat harus tetap dipertahankan. Upaya peningkatan citra TNI AU sangat bergantung pada optimalisasi peran Public Relations atau Dinas penerangan dalam menjalankan tugasnya. Disamping melalui media, TNI AU harus melakukan komunikasi langsung kepada public melalui action (tindakan) yang menyentuh kepentingan dan melibatkan publik. Apa yang dirasakan manfaatnya langsung oleh publik akan menimbulkan kesan dan dukungan dari pada sekedar laporan di media massa. Citra yang dapat dibina dimasyarakat pada saat ini adalah mengenalkan lebih dahulu TNI AU kepada masyarakat dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kedirgantaraan. Kegiatan yang bisa dijadikan pencitraan yang positif terhadap TNI AU, antara lain meliputi :

a. Aeromodelling. Aeromodeling yaitu bentuk miniatur pesawat yang dapat diterbangkan dan dikendalikan oleh radio kontrol. Saat ini perkembangan teknologi aeromedeling yang ada di Lanud Adi Soemarmo masih terpaku pada teknologi dan model yang lama, untuk itu perlu pengadaan pesawat aero-modelling yang mengikuti teknologi terbaru dan modern.

b. Terbang Layang. Terbang layang yaitu kegiatan terbang dengan menggunakan pesawat tanpa mesin atau biasa dikenal dengan sebutan Glider yang dalam pelaksanaannya terlebih dahulu ditarik oleh pesawat bermesin dan pada ketinggian tertentu kemudian dilepaskan.

c. Pesawat Kecil Bermotor. Terbang dengan pesawat kecil bermotor yaitu kegiatan terbang dengan menggunakan media pesawat bermesin dengan kapasitas awaknya terbatas.

d. Terjun Payung. Kegiatan ini dapat didukung oleh pesawat-pesawat operasional yang ada di Lanud Adi Soemarmo baik dengan Pesawat C-130 Hercules, CN-235 ataupun F-27 Fokker.

e. Ordirga Lainnya. Olahraga dirgantara lainnya yang dapat dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan.

Dengan demikian kegiatan yang diselenggarakan diharapkan akan memberikan nilai positif dalam meningkatkan minat dirgantara melalui olahraga dirgantara, hal ini secara tidak langsung akan memperkenalkan TNI AU tentang kedirgantaraan kepada masyarakat umum. Selain itu pula dari pihak TNI AU melalui Dispenau terus melakukan kerjasama dengan wartawan baik media cetak maupun media elektronik, sehingga setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat diliput dan dipublikasikan untuk masyarakat umum.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar: