Halaman

Disiplin, Percaya Diri, dan Tangguh Adalah Kunci Kesuksesan

Welcome

Living with Integrity (Memercayai,Mengatakan dan Melakukan yang Benar sesuai Panggilan Allah)

20 Agustus 2015

DILARANG MENGOLESKAN BALSAM YANG MENGANDUNG CAMPHOR SEPERTI Vicks VapoRub, Copal, KE BAYI-ANAK USIA < 2 TAHUN


Beberapa waktu lalu di salah satu media sosial seorang Ibu menanyakan kepada dokter anak apakah boleh mengoleskan Vicks VapoRub pada bayinya yang lagi pilek, dan jawaban dokter anak tersebut boleh. Kemudian saya luruskan bahwa tidak boleh (sesuai judul).

Salah satu kebiasaan, turun temurun di Indonesia adalah memberikan berbagai produk kosmetik bayi seperti bedak, cologne dll yg sebenarnya tidak perlu. Bayi2 bule di sini cuma perlu tissue basah dan popok aja.

Begitu pula saat bayi sakit seperti batuk pilek, bayi2 Indonesia penuh olesan, bisa balsem, bisa minyak kayu putih, bisa potongan bawang merah campur minyak, dll sementara bayi2 bule di sini ga dioles apa2, cukup nyala kan air mist humidifier di ruang di mana bayi berada terutama saat winter yang sangat kering & warmer nyala 24 jam.

Saat bayi pilek, hidungnya bumpet / tersumbat (istilah medisnya nasal congestion) banyak orang tua / pengasuh bayi yang mengoleskan balsam umumnya Vicks Vaporub. Padahal menurut mayoclinic, Vicks VapoRub tidak menyembuhkan hidung bumpet. Yang terjadi adalah bau mentol yang kuat memperdaya otak yang menghirup sehingga merasa bernapas lega melalui hidung yang tidak tersumbat. Oleh karena itu di kemasan Vicks Vapo Rub juga ada pencantuman tulisan decongestan. Secara kontras obat dekongestan oral tablet (diminum) & spray nasal dapat mengurangi pembengkakan di jalur pernapasan yang pertama yaitu hidung. Jadi Vicks VapoRub tidak efektif sebagai nasal decongestant.
Hanya satu artikel dari AAP yang menyatakan Vapo Rub dapat melegakan gejala2 common cold & membuat kualitas tidur anak lebih baik, hanya saja, bila kritis membaca penelitiannya, yang mendanai penelitian dengan sample kecil ini adalah Procter and Gamble yang merupakan Produsen Vicks Vapo Rub.

Masalah keefektifan & kemanjuran adalah yang pertama, yang lebih penting lagi adalah efek sampingnya. Vicks Vaporub yang mengandung camphor sebagai kandungan utamanya dapat menyebabkan keracunan fatal pada bayi dan anak bila tertelan beberapa sendok teh.

Camphor yang terserap tubuh dengan berbagai cara misalnya melalui kulit yang luka/pecah2 juga dapat membahayakan tubuh (toxic). Oleh karena itu walaupun anak yang lebih besar dari 2 tahun diperbolehkan mengoleskan balsam ini, jangan pernah mengoleskan Vick VapoRub ini sekitar lubang hidung.

Juga bila Vicks VapoRub mengenai mata, dapat melukai kornea mata. Juga dapat terjadi peradangan pada mata seperti mata yang berair dan penglihatan yang kabur setelah Vicks vaporub dioleskan pada dahi, sekitar mata dan sekitar hidung.

Terdapat kasus seorang anak balita yang mengalami Respiratory distress / gawat napas berat setelah Vicks Vapo Rub dioleskan di bawah hidungnya.

Terdapat juga laporan kasus bayi perempuan berusia 2 bulan menderita Hepatotoxicity (kerusakan hati) berat setelah Ibu bayi tersebut mengoleskan Vicks VapoRub pada dada, leher bayi 3 kali sehari selama 5 hari. Efek samping lain seperti dermatitis pada kulit dan bentuk2 iritasi kulit lainnya.

Oleh karena potensi bahaya inilah ACCP (American College of Chest Physicians) melarang penggunaan Vicks Vapo Rub dan produk sejenis yang mengandung camphor pada anak yang berusia kurang dari 2 tahun.

Mengenai Pilek Batuk / Selesma alias Common Cold bisa baca2 Notes saya :

https://www.facebook.com/notes/fatimah-berliana-monika-purba/seputar-batuk-pilek-hidung-melercommon-cold-pada-anak/10201611487954894

Untuk bayi-bayi yang pilek-meler-hidung bumpet sehingga sulit menyusu, bisa pilih posisi di mana kepala bayi lebih tinggi dari badan. Variasi posisinya misalnya Cradle Hold dengan agak tegak badan bayinya, atau posisi bayi di atas (Prone/Semi Reclining) (lihat gambar).

Bila masih kesulitan juga maka selang seling bisa diberikan ASI perah melalui cup feeder sehingga asupan cairan bayi (ASI) bayi tetap terjaga & bila di kamar/ruangan pakai AC, matikan ya.

Semoga bermanfaat, yuk Smart parents, lebih kritis dalam memberikan terapi suportif , Home treatment saat bayi / anak sakit

Sumber :

1. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/19136404/

2. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/expert-answers/nasal-decongestant/faq-20058569

3. Rationality of the Rubs and Balms in Common cold. Vijay Thawani *,Yamini Pusdekar , Savita Bhargav

4. http://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/Pages/Vapor-Rub-Ointment-Can-Ease-Cold-Symptoms-in-Children-.aspx#sthash.aVrRWWSJ.dpuf

5. Cold remedy not for under-2s http://www.nuh.com.sg/news/media-articles_618.html

6. Vicks VapoRub Linked to Infant Breathing Problems http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/content/article/2009/01/13/AR2009011301089.html

diambil dari: Fatimah Berliana Monika Purba 's FB
— with Muhammad Shiddiq.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar: